PENINGKATAN DISIPLIN GURU MASUK KELAS
PADA AWAL JAM PELAJARAN
DI SMA NEGERI 2 BATANGHARI DENGAN NORMA KESOPANAN
ABSTRAK
Dalam karya ilmiah ini menjelaskan tentang salah satu upaya peningkatan disiplin guru dalam hal masuk kelas di awal jam pelajaran dengan menerapkan norma kesopanan.
Karya ilmiah ini dilakukan terhadap guru yang secara langsung diterapkan di SMA Negeri 2 Batanghari, sehingga terjadi peningkatan disiplin khususnya disiplin masuk kelas pada awal jam pelajaran dan menjadi suatu budaya di SMA Negeri 2 Batanghari.
Terdapat beberapa faktor agar kualitas pembelajaran meningkat di antaranya dari faktor pendidik yaitu guru yang secara langsung berhadapan dengan siswa, guru yang berkualitas bukan hanya baik dalam hal akademiknya saja tapi sikap juga berperan penting yang tentunya akan berpengaruh dengan sikap anak didik itu sendiri.
Peningkatan kualitas pembelajaran sangat diperlukan dengan harapan adanya peningkatan mutu pendidikan, hal ini diupayakan tercapai dengan menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien melalui masuk kelas tepat waktu khususnya pada awal jam pelajaran bagi guru.
Sudah ada bemacam cara untuk mewujudkan hal tersebut, pada tulisan ini dilakukan dengan norma kesopanan karena kesopanan sendiri merupakan sebuah tindakan untuk mencegah dan menangani tindak tutur yang mengancam citra diri atau face orang lain maupun diri sendiri.
Dari hasil karya ilmiah ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru masuk kelas pada awal jam pelajaran dapat dilakukan dengan norma kesopanan kepada guru.
DAFTAR ISI
ABSTRAK ……………………………………….. i
DAFTAR ISI ……………………………………….. ii
- PENDAHULUAN
- Latar Belakang …………………………………......……...... 1
- Perumusan Masalah ………………………………………...... 2
- Strategi Pemecahan Masalah
- Deskripsi Strategi Pemecahan Masalah Yang Dipilih
- Tahap Operasional Pelaksanaan ……………………................... 4
- PEMBAHASAN
2.2. Hasil Yang Dicapai Dari Strategi Yang Dipilih …………………. 8
2.3. Kendala – Kendala Yang Dihadapi Dalam Melaksanakan
Strategi Yang Dipilih ……………………………………. 9
2.4. Faktor- Faktor Pendukung ……………………………………. 10
2.5. Alternatif Pengembangan ……………………………………. 11
- KESIMPULAN DAN REKOMENDASI OPERASIONAL
3.2. Rekomendasi Operasional Untuk
Implementasi Penemuan …………………………………….. 12
DAFTAR PUSTAKA …………………………………….. 14
0 Response to "PENINGKATAN DISIPLIN GURU MASUK KELAS PADA AWAL JAM PELAJARAN"
Post a Comment