Kajian Ilmu Pengetahuan Alam

Pada dasarnya kajian ilmu pengetahuan alam tidak terlepas dari peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Ilmu alam atau ilmu pengetahuan alam (bahasa Inggris: natural science) adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dan di mana pun.

IPA membahas tentang gejala-gejala alam yang disusun secara sistematis yang didasarkan pada hasil percobaan dan pengamatan yang dilakukan oleh manusia. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh Powler (dalam Wina-putra, 1992:122) bahwa IPA merupakan ilmu yang berhubungan dengan gejala-gejala alam dan kebendaan yang sistematis yang tersusun secara teratur, berlaku umum yang berupa kumpulan dari hasil obervasi dan eksperimen.

Karakteristik yang mendasar dari ilmu pengetahuan alam ialah kuantifikasi artinya gejala alam dapat berbentuk kuantitas.

Cabang-cabang utama dari ilmu alam adalah:
  • Astronomi : cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit (seperti halnya bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik (radiasi CMB)).Baca juga : OSN Astronomi Soal Latihan  
  • Biologi : ilmu alam yang mempelajari kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Ilmu biologi modern sangat luas, dan eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang, dan subdisiplin. Namun, meskipun lingkupnya luas, terdapat beberapa konsep umum yang mengatur semua penelitian, sehingga menyatukannya dalam satu bidang. 
  • Ekologi : ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani oikos ("habitat") dan logos ("ilmu"). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834 - 1914). 
  • Fisika : ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. 
  • Geologi : Ilmu (sains) yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. 
  • Geografi fisik berbasis ilmu : cabang geografi yang mempelajari gejala fisik di dalam dan di permukaan bumi yang meliputi lapisan tanah, lapisan air, lapisan udara serta segala prosesnya.
  • Ilmu bumi : Ilmu kebumian juga dapat dikatakan sebagai ilmu bumi yang terdiri dari gabungan ilmu fisika, geografi, matematika, kimia dan biologi yang dijadikan dasar dalam pembentukan pengertian kuantitatif dari lapisan-lapisan bumi. Baca juga :Pengertian Ilmu Kebumian
  • Kimia : ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari.
Sumber : wikipedia

0 Response to "Kajian Ilmu Pengetahuan Alam"

Post a Comment