Pengertian Poster Pendidikan

Poster pendidikan merupakan suatu media yang dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan. Di Sekolah, Kampus ataupun Instansi pendidikan banyak kita jumpai gambar dan tulisan ( poster ) yang memang di pasang untuk maksud dan tujuan tertentu, seperti sosialisasi ataupun bersifat pengumuman lomba dan sebagainya.

 Source : http://edukasi-sepanjang-masa.blogspot.com/2011_12_01_archive.html

Poster pendidikan biasanya dibuat semenarik mungkin, karena memang tujuannya menarik perhatian orang/pembaca untuk dapat menyimak serta memahami isi poster tersebut. Sebelum Saya membahas lebih jauh tentang poster pendidikan ada baiknya kita tahu dulu pengertian dari  poster dan pendidikan.

1. Pengertian Poster

Poster adalah media yang berisi informasi berupa tulisan/ gambar atau pun gabungan antara gambar dan tulisan yang dibuat menarik untuk dipublikasikan kepada masyarakat luas.

Kalau menurut Wikipedia poster dapat dikatakan juga plakat. Dan pengertiannya adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. 

Pada umumnya poster dipasang di tempat-tempat yang mudah di jangkau oleh mata, seperti dinding atau tempat yang sudah di sediakan, kalau di Sekolah biasanya di tempel di Mading.

2. Pengertian Pendidikan

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang meliputi ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan ditandai adanya perubahan prilaku dari pembelajar baik dari sikap, pengetahuan maupun keterampilan. Pendidikan dilakukan oleh orang ataupun sekelompok orang.

Menurut Wikipedia, Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. 

Menurut UU No. 20 tahun 2003 pengertian Pendidikan adalah sebuah usaha yang di lakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, membangun kepribadian, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

3. Pengertian Poster Pendidikan

Setelah kita kaji pengertian dari poster dan pengertian dari pendidikan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian poster pendidikan adalah suatu media hasil dari karya seni/ desain grafis yang bertemakan pendidikan untuk pembelajaran berupa gambar/tulisan maupun gabungan keduanya untuk dipublikasikan di dunia pendidikan, seperti sekolah, kampus maupun instansi pendidikan.

0 Response to "Pengertian Poster Pendidikan"

Post a Comment