APLIKASI PENILAIAN DALAM EXCEL

Berdasarkan pengalaman pribadi saya pekerjaan sebagai guru semakin besar tantangannya yang menuntut profesionalisme kita sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, penilai, pengevaluasi dan sebagainya.

Pada kesempatan ini saya akan membahas tugas guru sebagai penilai, banyak hal dalam penilaian yang belum kita lakukan secara sempurna, untuk itu saya menuangkan pemikiran saya dalam tulisan ini yang merupakan bagian kecil dari usaha menyempurnakan salah satu tugas guru sebagai penilai peserta didik yaitu dengan membuat aplikasi penilaian dalam excel, meski sederhana harapan saya semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman guru.

Dalam pembuatan aplikasi penilaian dalam excel ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu :

1. Memahami konsep penilaian, dalam hal ini yaitu penilaian autentik

Pengertian
Permendikud Nomor 66 tahun 2013 menjelaskan bahwa penilaian pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup: penilaian autentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah/madrasah.

Penilaian autentik dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses,dan keluaran (output) pembelajaranyang meliputi domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian autentik menilai kesiapan peserta didik, serta proses dan hasil belajar secara utuh. 

Keterpaduan komponen input, proses,dan output akan menggambarkan kapasitas, gaya, dan hasil belajar peserta didik, serta mampu menghasilkan dampak instruksional (instructional effects) dan dampak pengiring (nurturant effects) dari pembelajaran.

Wiggins (dalam Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013, 2013) mendefinisikan penilaian autentik sebagai upaya pemberian tugas kepada peserta didik yang mencerminkan prioritas dan tantangan yang ditemukan dalam aktivitas-aktivitas pembelajaran, seperti meneliti, menulis, merevisi dan membahas artikel, memberikan analisis oral terhadap peristiwa, berkolaborasi dengan antarsesama melalui debat, dan sebagainya.

Penilaian autentikmampu menggambarkan peningkatan hasil belajar peserta didik, baik dalam mengobservasi, menanya, menalar, mencoba, dan membangun jejaring. 

Penilaian autentik cenderung fokus pada tugas-tugas kompleks atau kontekstual, memungkinkan peserta didik menunjukkan kompetensi mereka yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam kehidupan nyata (real life). 

Karenanya, penilaian autentik sangat relevan dengan pendekatan ilmiah(scientific approach)dalam pembelajaran di SMA.

 2. Paham dan Bisa Membuat Instrumen Penilaian
 Ada 3 aspek dalam penilaian, yaitu :
a. Penilaian Kompetensi Sikap

Sikap dalam mata pelajaran berkaitan dengan nilai atau norma yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Secara umum, objek sikap yang perlu dinilai dalam mata pelajaran adalah sikap terhadap: materi pelajaran, guru/pengajar, dan proses pembelajaran.

b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan 

Penilaian pengetahuan dapat diartikan sebagai penilain potensi intelektual yang terdiri dari tahapan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi (Anderson & Krathwohl, 2001). Penilaian terhadap pengetahuan peserta didik dapat dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan.  

cPenilaian Kompetensi Keterampilan 

Pendidik menilai kompetensi keterampilan melalui penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, proyek, dan penilaian portofolio. Instrumen yang digunakan berupa daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang dilengkapi rubrik.  

3. Membuat Rekap Instrumen Penilaian 
Berikut ini contoh dari rekap instrumen penilaian :
Aplikasi Penilaian

4. Bisa Mengoperasikam Excel
Sebagai guru kita sudah diwajibkan paham dalam IT dan excel salah satu alat yang memang sudah harus dapat kita kuasai dan pahami.

Bagi teman- teman sekalian yang mau menggunakan aplikasi ini silahkan ambil di sini :

Semoga Berguna..

0 Response to "APLIKASI PENILAIAN DALAM EXCEL "

Post a Comment